News

Parade Reyog Obyok

September 3, 2017

PONOROGO, Sabtu (2/9/2017) Parade Reog Obyok dalam rangkaian peringatan Hari Jadi Ponorogo ke 521 serta Grebeg Suro dan FRNP XXIV tahun 2017. Ribuan pengunjung dari berbagai daerah di Ponorogo tumpah ruah memadati sekitaran Paseban Alon-Alon Ponorogo. Bahkan bukan hanya warga masyarakat Ponorogo saja, namun sejumlah warga dari beberapa kota di sekitar Ponorogo sengaja datang untuk menyaksikan Parade Reog Obyok in

Menurut Kepala Bagian Kebudayaan Disbudparpora Ponorogo Bapak Bambang Wibisono, Parade Reog Obyok ini kali pertama digelar secara massal di Ponorogo dengan lokasi pemberakatan dari empat titik yaitu Jalan Raden Saleh, Pertigaan Ngepos, Perempatan Tambak Bayan, dan Pertigaan Sinduro yang nantinya secara bersamaan akan menuju ke Paseban Alon Alon Ponorogo.

Masing – masing titik pemberangkatan terdapat 10 dadak merak yang akan dibawa oleh 20 pembarong karena mereka harus bergantian, dengan 20 penari jathil obyok, 5 penari bujangganong, dan 10 pemusik yang meringi jalannya reog obyok dari setiap titik pemberangkatan. Total dalam Parade Reog Obyok ini melibatkan 40 dadak merak, 80 penari jathil obyok, 20 penari bujangganong, dan 40 pemusik obyok.

“Karena ini hajatnya memang untuk parade obyok sehingga tidak melibatkan tokoh Klono Sewandono dan Warok dalam pertunjukan reog Ponorogo yang tertuang dalam sebuah kompetisi festivalnya” tambah Kepala Bagian Kebudayaan Disbudparpora Ponorogo Bapak Bambang Wibisono.

Parade Reog Obyok ini berkerjasama dengan komunitas reog di Ponorogo seperti komunitas dadak merak, jathilan, pembarong, dan bujangganong. Setiap titiknya diserahkan langsung kepada masing-masing koordinator komunitas untuk melibatkan potensi baik pembarong, jathilan, dan bujangganong yang ada di Ponorogo.

Bagaimanapun juga reog obyok ini ada dan berkembang di Ponorogo kalau berbicara tentang reog dalam konteks festival sudah meliki wadah pementasan tersendiri seperti setiap bulannya reog bulan purnama, reog di Ngebel setahun enam kali, dan reog di Bantarangin setahun enam kali. Adanya Parade Reog Obyok ini Dinas Pariwisata Ponorogo memberikan wadah khusus bagi para seniman reog obyok yang ada dan berkembang di Ponorogo untuk berekspresi, dengan harapan Reog Obyok semakin profesional dan dicintai masyarakat Ponorogo.


Kontributor: Lukman J

What's Happening

Adalah sebuah warisan indahnya seni dan budaya yang ada di Ponorogo serta keindahan alam yang masih terjaga

Pameran Pusaka Grebeg Suro 2017 September 20, 2017