News

Pentas Reyog Malam Bulan Purnama - Bulan Juli

July 15, 2017

Jum’at 14 Juli 2017, Pemerintah kabupaten Ponorogo yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata mengadakan acara rutin yaitu Pentas Malam Bulan Purnama. Pada pentas kali ini memang ada perubahan jadwal yang semula dijadwalkan tanggal 9 Juli 2017 diundur menjadi tanggal 14 Juli 2017 tepat pada hari jum’at malam kemarin. Hal ini terjadi dikarenakan pada tanggal 9 Juli alun-alun Ponorogo masih digunakan untuk acara pasar malam sehingga acara diundur. Lepas dari masalah tersebut acara ini tetap diutamakan utuk diadakan karena merupakan acara yang wajib untuk dilaksanakan dan sebagai wujud serius pemerintah memperhatikan kesenian budaya lokal Ponorogo.



Tepat pada jum’at malam di panggung utama alun-alun Ponorogo diadakan pentas malam bulan purnama. Walaupun acara sempat diundur dari jadwal semula namun atusias warga Ponorogo kali ini sangat tinggi, penonton pentas malam bulan purnama kali ini sangat banyak hingga area depan panggung utama terpantau padat. Ada tiga tarian yang ditampilkan pada pentas ini, yaitu tari Pasaran, tari Ganongan dan tarian Mojang Priyangan. Para penonton terlihat berebutan untuk dapat mengabadikan tarian yang ditampilkan pada acara pentas malam bulan purnama kali ini. Dilain sisi dengan banyaknya penonton yang hadir pada pentas malam bulan purnama kali ini tidak lepas karena masih merupakan hari libur sekolah sehingga para anak-anak sekolah dapat turut datang untuk menyaksikan pentas malam bulan purnama kali ini.



Seperti biasanya pada puncak acara pentas malam bulan purnama selalu ditampilkan group Reyog, kali ini Group Reyog Singo Mudo Bramantyo dari desa Purwosari kecamatan Babadan, tampil sebagai pengisi di puncak acara pentas malam bulan purnama kali ini. Penonton selalu terpukau ketika tarian Reyog sudah mulai keluar dan menari. Semua gadged dikeluarkan untuk mengabadikan tarian yang menjadi favorit para penonton.



Ponorogo merupakan kota Reyog dan ini merupakan kesenian yang tidak dimiliki oleh daerah lain dan Negara manapun. Harta kesenian budaya ini jangan sampai dilupakan dan harus dilestarikan dan selalu dikenalkan kepada anak cucu kita. Jaga budayamu dan dengan begitu kita telah menjaga harkat dan martabat daerah kita.



What's Happening

Adalah sebuah warisan indahnya seni dan budaya yang ada di Ponorogo serta keindahan alam yang masih terjaga

Pameran Pusaka Grebeg Suro 2017 September 20, 2017