News

Pesona Reyog Ponorogo Dalam Acara Eksotika Wonder In Wonderland Bromo Tengger Semeru

July 11, 2017

Dalam rangka peringatan Hari Raya Yadnya Kasada 2017, Pemerintah Kabupaten Probolinggo mengadakan acara Eksotika Bromo yang di gelar di lautan pasir Bromo. Pentas Eksotika Bromo ini merupakan even kali pertama digelar, sebagai even yang diselenggarakan untuk meramaikan upacara Kasada yang akan jatuh pada 9-10 Juli . Sedangkan Bromo Eksotika digelar pada 7-8 Juli, di lokasi upacara bendera lautan pasir Bromo. Lokasinya sendiri memang cukup strategis, dalam dua hari itu panitia menampilkan aneka seni traditional asli warga suku tengger dan beberapa kesenian dari daerah lain salah satunya Kesenian Reyog Kridha Taruna (SMAN 2 Ponorogo) yang merupakan perwakilan dari Kabupaten Ponorogo dalam hal ini Dinas Pariwisata Kabupaten Ponorogo, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Ponorogo drh. H. Sapto Djatmiko Tjipto R.,MM di dampingi Kepala Bidang Pengembangan Produk dan Promosi Wisata beserta seluruh staf ikut hadir dalam acara Eksotika Wonder in Wonderland Bromo.




Kesenian Reyog Ponorogo, kita ketahui Reyog adalah kesenian asli dari Kabupaten Ponorogo. Reyog merupakan sendra tari yang menceritakan kisah Prabu Kelono Sewandana untuk menyunting gadis pujaannya Dewi Songgolangit, salah seorang putri dari Kerajaan Kediri. Penampilan Reyog Ponorogo terdiri dari beberapa instrumen dan penari, ada Pembarong Dadak Merak , Penari Warok Tua dan Warok Muda, Penari Prabu Kelono sewandono, Penari Bujang Ganong dan Penari Jathil dengan diiringi musik gamelan dan instrumen musik lainya.






Penampilan Reyog Ponorogo menjadi salah satu magnet yang mampu menghipnotis penonton dalam acara Eksotika Bromo, moment kali ini sangat berbeda karena pagelaran Reyog dilakukan di hamparan lautan padang Pasir Bromo yang berlatarkan Kawah Bromo dan kekokohan Gunung Batok disampingnya, meski dibalut suhu sekitar 15 derajat celscius namun para penonton tak beranjak dari tempat duduknya untuk menyaksikan penampilan group Reyog Ponorogo yang sangat memukau, Ribuan pengunjung selain warga lokal tengger separuhnya merupaka wisatawan baik wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara yang sengaja hadir untuk menyaksikan even Eksotika Bromo, benar-benar hanyut dengan penampilan Group Reyog Ponorogo yang tampil indah di lautan pasir Gunung Bromo, awak media dan juru foto pun mengabadikan penampilannya. Acara ini dimulai sekitar pukul 15.30, di Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Probolinggo, Sabtu (8/7).

What's Happening

Adalah sebuah warisan indahnya seni dan budaya yang ada di Ponorogo serta keindahan alam yang masih terjaga