News

Ziarah Makam Batoro Katong Grebeg Suro 2017

September 21, 2017

PONOROGO, Selain kemeriahan berbagai rangkaian acara Hari Jadi Ponorogo ke 521 dan Grebeg Suro 2017 tidak lupa Bupati Ponorogo Bapak Drs. H. Ipong Muchlissoni bersama dengan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forpimda) ziarah sekaligus nyekar di makam pendiri Kabupaten Ponorogo Raden Batoro Katong, Rabu (20/09/2017) pagi. Bupati Ponorogo terlihat khusuk berdoa bersama di makam pendiri Kabupaten Ponorogo tersebut.

Ziarah makam Batoro Katong sendiri dilaksanakan pagi hari setelah Kirab Bedhol Pusaka pada dini hari nya. Ziarah ini selalu rutin dilaksanakan di agenda – agenda rutin Kabupaten Ponorogo seperti Hari Jadi dan Grebeg Suro, karena Hari Jadi Ponorgo sendiri ditetapkan tepat dengan diangkatnya Raden Batoro Katong sebagai bupati pertama Ponorogo yaitu tanggal 11 Agustus 1496.

Selain mendoakan leluhur dan pendiri Kabupaten Ponorogo, Bapak Ipong menegaskan ziarah sekaligus nyekar ini juga menjadi bentuk menggali dan melestarikan sejarah di Ponorogo. Agar tidak lupa akan jasa para pendiri dan leluhur Kabupaten Ponorogo, sekaligus untuk meningkatkan wisata religi di Ponorogo.

Terlihat banyak warga masyarakat Ponorogo yang ikut berziarah ke makam pendiri Kabupaten Ponorogo ini, warga begitu antusis dan hikmat mengikuti doa yang dilantunkan untuk Raden Batoro Katong. Setelah acara ziarah makam maka akan dilanjutkan dengan acara kirab pusaka lintas sejarah pada siang harinya, yaitu membawa tiga pusaka dari Kota Lama menuju Kota Baru.

Kontributor : Lukman J

What's Happening

Adalah sebuah warisan indahnya seni dan budaya yang ada di Ponorogo serta keindahan alam yang masih terjaga

Reyog Jazz Ponorogo 2017 October 21, 2017