SEPEREMPAT ABAD GREBEG SURO & FESTIVAL NASIONAL REYOG PONOROGO

1-11 September 2018


Grebeg Suro di Ponorogo merupakan sebuah tradisi kultural dan spiritual dalam memperingati tahun baru Islam, 1 Muharam, atau yang dikenal masyarakat dengan Malam 1 Suro. Seiring perkembangan, tradisi Grebeg Suro di Ponorogo kemudian dikreasi menjadi event budaya dan pariwisata sejak tahun 1994, dengan diadakannya Grebeg Suro dan Festival Reyog Nasional yang pertama. Tahun 2018 ini memasuki penyelenggaraan Grebeg Suro dan Festival Nasional Reyog Ponorogo (diubah sejak 2016) yang ke 25 tahun.

Skala event pariwisata unggulan Kabupaten Ponorogo ini terus berkembang dari tahun ke tahun. Puluhan item acara diselenggarakan selama kurang lebih sepekan menjelang malam puncak 1 Suro. Selain itu, tentu saja kemeriahan utama Grebeg Suro ada pada tiga event inti, yaitu Festival Nasional Reyog Ponorogo, Kirab Pusaka, serta Larungan Telaga Ngebel. Ketiga event inti tersebut selalu menyedot antusiasme ribuan pengunjung untuk menyaksikan momen sakral sekaligus pengalaman kultural langka yang disajikan.

Grebeg Suro dan Festival Nasional Reyog Ponorogo XXV tahun 2018 ini dipastikan akan kembali hadir dengan kemeriahan yang lebih atraktif dari pelaksanaan-pelaksanaan sebelumnya. Seperempat abad Grebeg Suro dan FNRP XXV akan menjadi bukti pesona wisata budaya tiada dua yang dimiliki Bumi Reyog. Ikuti info-info menarik seputar Grebeg Suro 2018 dengan senantiasa berinteraksi bersama kami, melalui: