TELAGA NGEBEL

Telaga Ngebel adalah sebuah danau alami yang terletak di Kecamatan Ngebel, 23 kilometer dari pusat kota Ponorogo, atau sekitar 40 menit perjalanan. Dengan keliling telaga mencapai 5 kilometer, luas Telaga Ngebel mencapai 150 hektar. Jika anda mengenal Telaga Sarangan di Kabupaten Magetan, Telaga Ngebel ini lima kali lipat lebih luas dibandingkan Telaga Sarangan. Kawasan Telaga Ngebel berada pada ketinggian 734 meter diatas permukaan laut (mdpl). Hal ini membuat kawasan Telaga Ngebel selalu diselimuti udara yang sejuk dan dingin pada kisaran 20° celcius. Anda dapat menikmati pemandangan telaga yang dikelilingi oleh hutan pinus dengan menyusurinya menggunakan bus air, perahu santai, maupun speed boat.

Terdapat beberapa objek wisata lain yang dapat dikunjungi pula jika anda berwisata ke Telaga Ngebel, antara lain Air Terjun Toyomarto, Air Terjun Selorejo, Air Tiga Rasa, dan juga pemandian air panas Tirto Husodo.

Durian khas Ngebel

Selain kawasan telaga, di Ngebel anda juga dapat menikmati berbagai daya tarik lain. Jika anda penyuka durian, maka anda harus mencoba Durian Kanjeng, salah satu varietas unggulan yang dikembangkan di perkebunan durian Desa Ngrogung, sekitar tiga kilometer ke arah barat dari kawasan telaga. Anda dapat datang pada akhir dan awal tahun saat musim durian tiba.

Sunset di atas telaga

Jika anda penyuka fotografi dan tertarik menikmati momen matahari terbenam atau sunset, anda dapat berkunjung ke Desa Pupus, sekitar lima kilometer ke arah timur dari kawasan telaga. Lokasi berburu momen sunset ini dikenal dengan nama Ngebel Sunset View Point. Pada cuaca cerah anda dapat menikmati rona langit senja yang jingga antara pukul 17.00-18.30 sebelum gelap tiba. Siapkan kamera terbaik anda!

Larungan Malam & Pawai 1000 Obor

Pada perayaan Grebeg Suro, tepatnya pada malam 1 Suro atau malam pergantian tahun baru Islam, masyarakat kawasan Telaga Ngebel memiliki adat unik yaitu larungan. Berbeda dengan pusat kota Ponorogo yang di saat bersamaan tengah mengadakan pesta, masyarakat Ngebel, dengan dipimpin puluhan sesepuh, melakukan tirakatan. Berbagai doa dipanjatkan pada tirakatan malam 1 Suro ini.  Usai tirakatan, sesaji berupa sembelihan kambing (wedhus) kendit diarak dan masing-masing kakinya ditanam pada empat penjuru telaga, sementara kepalanya kemudian dilarung di tengah telaga. Pada momen ini, ribuan masyarakat lokal yang mengarak rombongan kirab berjalan membawa obor (dian) sehingga menambah suasana mistik.

 

AIR TERJUN SUNGGAH

Kawasan pegunungan selatan Kabupaten Ponorogo juga menyimpan keindahan alam nan mempesona. Berlokasi di Dukuh Sambi, Desa Selur, Kecamatan Ngrayun, Air Terjun Sunggah berhasil menjadi primadona wisata alam Ponorogo beberapa tahun belakangan. Air terjun dengan ketinggian sekitar 50 meter ini dapat dikatakan air terjun dengan debit air terbesar yang ada di Ponorogo. Anda dapat berfoto ala petualang di bawah air terjun jika beruntung datang di saat debit air deras dan cuaca yang mendukung. Lokasi Air Terjun Sunggah terletak 35 kilometer dari pusat kota Ponorogo dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan.

 

AIR TERJUN COBAN LAWE

Air Terjun Coban Lawe dapat dikatakan sebagai air terjun dengan kondisi paling perawan yang ada di Ponorogo. Lokasinya berada di Desa Krisik, Kecamatan Pudak, 33 kilometer ke arah timur dari pusat kota Ponorogo,  atau sekitar 60 menit perjalanan. Air terjun yang memiliki beberapa level atau tingkatan ini terletak di lereng Gunung Wilis dengan hutan hujan yang mengelilinginya. Hal itu membuat Air Terjun Coban Lawe sangat cocok bagi para wisatawan pecinta suasana yang sangat natural. Karena letaknya yang cukup terpencil, anda akan diharuskan berpetualang berjalan menyusuri hutan yang asri untuk mencapai air terjun yang indah ini.

 

AIR TERJUN PLETUK

Terletak di Dusun Kranggan, Desa Jurug, Kecamatan Sooko, Air Terjun Pletuk dapat menjadi opsi wisatawan dalam mengeksplorasi alam kawasan timur Ponorogo. Air terjun setinggi 30 meter ini berlokasi 27 kilometer ke arah tenggara dari pusat kota Ponorogo, atau sekitar 50 menit perjalanan. Selama perjalanan menuju air terjun Pletuk, anda akan disuguhi landscape alam menawan membentang antara Pulung-Sooko berupa perkebunan kayu putih, hutan jati yang rindang, serta persawahan terasering yang menakjubkan.

 

LIHAT FOTO-FOTO PESONA ALAM PONOROGO, klik disini

AYO KE PONOROGO!