SATE AYAM

Ada banyak varian sate ayam di Indonesia. Namun salah satu yang istimewa adalah sate ayam Ponorogo. Bahkan di masyarakat Ponorogo memiliki tiga varian sate ayam berbeda. Apa perbedaan sate ayam Ponorogo dengan sate ayam daerah lain? Dari segi bentuk, daging ayam untuk sate ayam Ponorogo tidak dipotong dadu, melainkan disayat atau difillet sehingga menghasilkan daging sate yang lebih empuk dan tanpa lemak. Dari segi bumbu, sate ayam Ponorogo menggunakan bahan dasar saus/sambal kacang, meskipun masing-masing varian memiliki detail berbeda.

Lalu, apa saja tiga varian sate ayam Ponorogo itu?

 

SATE AYAM GANG SATE (H.TUKRI SOBIKUN)

Sate ayam Pak Tukri, begitu sate ini populer disebut, menjadi varian sate kelas atas di Ponorogo. Setiap pejabat tinggi provinsi, negara, yang berkunjung ke Ponorogo selalu bersantap sate di Sate Pak Tukri. Ukurannya paling besar diantara varian sate ayam Ponorogo yang lain, sangat cocok bagi penyuka makan porsi besar. Selain itu, Sate Pak Tukri dimasak dengan cara dibacem dan diasap terlebih dahulu, baru kemudian dibakar. Proses pengasapan ini menghilangkan air dan lemak yang terkandung di dalam daging ayam sehingga setelah dibakar, Sate Ayam Pak Tukri mampu bertahan sampai sepekan. Hal ini menjadikan Sate Pak Tukri sebagai pilihan utama oleh-oleh ke luar kota.

 

SATE AYAM NGEPOS

Hampir seluruh penjual sate ayam Ngepos berasal dari Kelurahan Purbosuman. Selain disebut Sate Ayam Ngepos, masyarakat sering menyebutnya Sate Ayam Purbosuman. Jika anda memilih menikmati santap sate ayam di tempat, Sate Ngepos bisa jadi opsi utama. Sate Ngepos dibakar secara langsung dalam posisi mentah, dengan bumbu bakar berupa kecap dan minyak sayur, dan disajikan dengan siraman saus/sambal kacang yang gurih membuat Sate Ayam Ngepos menjadi sangat tasty and juicy! Anda harus coba!

 

SATE AYAM SETONO

Di daerah Setono, sekitar Kompleks Makam Bathoro Katong, terdapat “gang sate” yang lain. Bedanya, Sate Ayam Setono memiliki beberapa ciri khas yaitu waktu buka/jualnya yang hanya mulai sore hingga malam. Selain itu, Sate Setono lebih dikenal sebagai sate ayam kaki lima karena mayoritas pedagangnya berjualan di warung kecil/warung tenda. Dari segi tampilan gerobak satenya pun, Sate Setono memiliki khas yaitu warnanya yang bernuansa hijau. Sate Setono dimasak dengan diungkep menggunakan rempah-rempah sehingga warnanya cenderung kekuningan. Selain itu, saus/sambal kacangnya juga berwarna lebih cerah dibandingkan sate ayam Ponorogo lainnya.

 

PECEL PONOROGO

Bagi anda pecinta pecel, anda harus coba Nasi Pecel Ponorogo. Nasi Pecel Ponorogo dikenal karena memiliki cita rasa yang spicy alias agak pedas. Saus/sambal pecel Ponorogo juga memiliki tekstur yang lebih kental jika dibandingkan saus/sambal pecel daerah lain. Keistimewaan Pecel Ponorogo adalah lauk pendamping utamanya yaitu tempe goreng tepung yang berukuran besar. Namun jika anda menginginkan lauk lainnya, warung-warung Pecel Ponorogo juga menyediakan pia-pia (bakwan), lentho, peyek, iwak kali (wader), ayam, dll. Perlu anda ketahui pula, Pecel Ponorogo dapat anda temui dari pagi buta hingga menjelang dini hari. One stop living Pecel Ponorogo!

 

DAWET JABUNG

Dawet Jabung merupakan minuman khas yang terdiri dari bahan-bahan alami. Cendolnya terbuat dari tepung aren, dan dilengkapi dengan tape ketan. Menggunakan campuran santan dan gula aren asli ditambah dua sendok teh air garam, membuat Dawet Jabung memiliki cita rasa yang gurih dan nikmat. Jabung merupakan nama sebuah desa di Kecamatan Mlarak. Lokasi sentra Dawet Jabung sangat strategis berada di jalur Ponorogo-Jetis-Trenggalek. Anda dapat mampir ke Dawet Jabung sebelum atau setelah anda berkunjung ke Masjid & Makam Tegalsari atau ke Pondok Modern Darussalam Gontor.

 

JANGGELAN

Warnanya hitam-hitam. Mengapung dalam gelas atau mangkuk. Kadang dipotong dadu atau diserut panjang-panjang. Jika anda mengenal minuman es Cao, maka itu adalah bentuk siap saji dari janggelan. Gubernur Jatim Soekarwo mengatakan bahwa janggelan khas Ngrayun, Ponorogo ini memiliki kandungan serat terbaik nomor 2 di dunia. Selain dapat ditemukan pada minuman es Cao di seluruh Ponorogo, kini olahan janggelan juga telah tersedia dalam kemasan cup/gelas dan dapat anda bawa sebagai buah tangan nan segar dari Ponorogo!

 

LIHAT FOTO-FOTO PESONA KULINER PONOROGO, klik disini